Dimanakah anda tinggal saat ini? Apakah di Rumah Sendiri, Rumah Keluarga,di Rumah Dinas atau mungkin masih tinggal di rumah sewaan..

Buat Anda yang sudah punya rumah sendiri atau di  rumah warisan  keluarga bersyukurlah karena tidak perlu pusing – pusing lagi mikirin rumah. Sekarang, pertimbangkanlah  untuk membeli rumah kedua,ketiga, dan seterusnya untuk investasi atau tabungan di masa tua nanti atau juga warisan buat anak cucu Anda !!

Sedangkan buat Anda yang masih menyewa atau tinggal dirumah dinas,ayo…sekaranglah waktunya,jangan tunggu tahun depan apalagi dua tahun lagi karena Harga Property naik terus,Uang sewa rumah naik terus, umur Anda bertambah, Biaya Hidup naik terus sementara penghasilan anda belum tentu naik terus…:) Jadi ada waktunya ketika kita harus membulatkan tekad,mengencangkan ikat pinggang sedikit  dan memaksakan diri untuk membeli rumah meskipun mungkin rumah kecil-kecilan yang penting milik sendiri.

Karena Uang ditabung – tabung, malah terpakai lagi terpakai lagi apalagi yang sudah berkeluarga untuk kebutuhan anak sekolah dan lain-lain.Uang muka tidak masalah banyak kok sekarang Developer yang membuat promo beli rumah tanpa DP.

Berikut ini adalah tips-tips dari saya untuk membeli rumah secara TUNAI/KPR :

1.Lokasi: Pilih lokasi rumah yang bebas banjir, strategis, dan jelas kepemilikannya Untuk mengetahui banjir tidaknya, bisa bertanya kependuduk sekitar atau warga yang tinggal di lokasi atau dekat lokasi tersebut.Bagaimana status kepemilikan tanah ( SHM) dan IMBnya.Kemudian Bagaimana prospek lokasi kedepannya apakah ada rencana pengembangan Faisilitas jalan atau sarana & prasarana dari pemerintah maupun pihak swasta.

2.Developer yang terpercaya & Berpengalaman; Pilih Developer yang terpercaya yang sudah terkenal bagus bangunan dan kualitas pelayanannya.Kita bisa tahu dari perumahan – perumahan atau produk – produk yang sudah pernah dibangun atau dijual sebelumnya.

3. Air & Penghijauan; Air adalah no 1,rumah yang bersih,nyaman dan sehat untuk keluarga adalah rumah yang airnya bersih. Seiring dengan perubahan iklim maka semakin sulit mendapatkan air yang bersih, jadi bertanyalah ke developer/penjual darimana sumber air didapat.Dan juga Area Hijau/Pepohonan karena udara yang bersih  penting untuk kesehatan kita.

4.Mempersiapkan Budget dengan benar; Berhitunglah sebelum membeli rumah terutama jika ingin membeli dengan KPR.Cicilan = 30 % dari total penghasilan per bln (bisa digabung penghasilan Suami Istri).Dipersiapkan berapa uang muka yang akan dibayarkan dan biaya-biaya proses bank ( ± 6% pinjaman ke bank).Jangan sampai salah berhitung misalnya penghasilan 6 jt tapi mengambil pinjaman 300 Jt ke Bank.Jika penghasilan Anda 6Jt/bln maka yang di setujui oleh bank adalah ±200Jt.

5. Memilih Bank; Pilihlah bank yang sudah terpercaya dan berpengalaman di bidang kredit perumahan selama puluhan Tahun. Tidak masalah apabila suku bunganya Flat atau Fluktuatif karena pasti ada kelebihan dan kekurangan masing masing.Karena apabila kita sudah mendapatkan lokasi perumahan yang bagus pasti harganya akan naik terus atau nilai investasinya menguntungkan seiring dengan Inflasi.

6. Harga tidak pernah Berbohong; kebanyakan orang mencari rumah yang harganya murah tetapi bagus,tetapi murah belum tentu jadi jaminan,buat apa beli rumah murah apabila kemudian legalitasnya nggak bener,atau developernya pelayanannya tidak bagus(kualitas bangunan,fasiltas & jalan tidak bagus) dan bahkan kemudian rumah sulit untuk dijual lagi  karena  lokasinya yang jauh dan tidak berkembang.Membuat kita sulit dan menyesal karena belum tentu setiap tahun kita beli rumah. Jadi belilah dengan harga yang wajar, jika lokasinya dekat ke jalan utama kemudian fasilitasnya lengkap, kemudian spesifikasi bangunannya kelas 1 wajar jika harga rumahnya mahal, masalahnya banyak orang nyari harganya murah,dekat ke jalan, dan pingin kualitas no 1..

7. Bacalah dengan Seksama Perjanjian jual Beli Anda!! Semua Hal – hal mengenai Harga Rumah,Biaya- Biaya, pembayaran,pembangunan, akta jual beli/akad kredit,serah terima kunci,garansi bangunan, pembatalan sepihak,Force Majure, tertulis di Perjanjian Jual Beli yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di atas materai( Anda & Developer),Jadi Bacalah dengan seksama sampai anda benar- benar mengerti jangan abaikan satu pasalpun karena itu yang akan menjadi pegangan Anda sampai Sertifikat ditandatangani & rumah diserah terimakan.

8. Jangan ragu-ragu untuk memakai jasa Broker Properti.Pilihlah jasa broker property yang berpengalaman dan terpercaya,mereka akan membantu Anda  karena mereka punya jaringan yang luas sehingga database rumah yang dijual lebih lengkap jadi anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga daripada harus nyari- nyari sendiri keliling seluruh wilayah/Kota.

So,Good Luck…!!! Best Regards/Emil/www.BandungpropertyUtama.wordpress.com CP:022.9292 4516/BB:3051BE4B